3 Maret 2014

Konseling dengan Tuhan ~ Journey of Love 9, 2/3

Hari ini aku menyarankan ini pada salah satu rekan yang sedang mengalami pergumulan, namun jauh dari komunitas. Ya,.. tidak ada pilihan selain konseling dengan Tuhan!

'Konseling dengan Tuhan' sebenarnya merupakan salah satu judul buku yang menemaniku di masa-masa pemulihan luka emosional di masa lalu. Namun,.. sampai saat inipun dalam banyak kejadian aku tetap mempraktekkannya.

Simple saja dan perlu dilakukan untuk setiap kita yang ingin mengalami kesembuhan dari Tuhan.
1. Tuliskan setiap pergumulan yang sedang kita hadapi, termasuk perasaan kita, kerinduan kita pokoknya semuanya lengkap. Bagi Tuhan, feeling kita ok. Dan keterbukaan adalah awal pemulihan.
2. Tanya Tuhan - apa yang Tuhan lihat dalam pergumulan ini? Belajar untuk tenang dan dengarkan setiap jawaban Tuhan dan tuliskan.
3. Minta jaminan Tuhan untuk kita mengalami kemenangan atas perrgumulan yang sedang kita hadapi. Biasanya ini berupa ayat Firman Tuhan yang harus dipegang dan diperkatakan.

Sebagai contoh,...
Waktu itu aku ngalami kegalauan di hati ketika telah menunggu lama (kira2 5tahun) tentang pasangan hidup. Janji Tuhan: kak Budi adalah pasangan hidupku, tapi belum ada jalan atau tanda-tanda bahwa kami bisa memasuki masa persiapan pernikahan. Orang tuaku mulai bertanya, "Apakah benar bahwa Budi juga mendapatkan yang sama bahwa kamu adalah pasangan hidupnya?"
Kondisi saat itu adalah kami tidak bisa mengkonfirmasi langsung dan bertanya pada siapapun. Jadi,.. Konseling dengan Tuhan adalah pilihan terbaik!
Aku mengambil selembar kertas dan menceritakan pada Tuhan tentang kegalauan hati yang kurasakan.
Dan Tuhan berkata, "Tenang,.. Semua indah pada waktuKu" Konseling yang aku lakukan tentang kegalauan ini gak cuma sekali, tapi berkali-kali. Jadi setiap kali galau datang, dalam hati cuma bisa bertanya, "Piye tho Tuhan?"
Dan Tuhan kasi 1 firman untuk terus direnungkan dan diperkatakan:

Roma 4:20-21  Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan, malah ia diperkuat dalam imannya dan ia memuliakan Allah,
dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.

Bahkan Ayat ini juga aku tuliskan di halaman depan skripsiku sebagai ganti semboyan hidup yang biasa dituliskan oleh pembuat skripsi.

Hasilnya,... sangat ajaib! Ada kekuatan setiap kali iman mulai lemah, sampai FirmanNya digenapi dan kita memperoleh kemenangan dan keberhasilan. Ya,.. Dia Tuhan atas kemenanganku dan keberhasilanku.

ELBeloved \\ Princess of Kingdom®

Tidak ada komentar:

Posting Komentar